joomla social media module

MS.Bkj

BERITA UTAMA

Mahkamah Sya’iyah Blangkejeren Sudah Menerapkan Arsip Perkara Secara Digital

MS_Blangkejeren | Kamis, 23 September 2021, Menindaklanjuti Keputusan Ketua Mahkamah Syar’iyah Bla

Read more »
Apel Perdana Bapak Abdul Gafur, S.H.I., M.H. Memberi Semangat Baru Bagi MS Blangkejeren

MS_Blangkejeren | Senin, 20 September 2021. Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Kelas II kembali gelar

Read more »
Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren

MS_Blangkejeren | Jum’at, 17 September 2021. Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Kelas II Bapak

Read more »
Ketua MS Blangkejeren Menghadiri Dan Menjadi Saksi Pada Pengukuhan PAW Pimpinan MPU Kab. Gayo Lues

MS_Blangkejeren | Senin, 13 September 2021. Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Bapak T. Swandi,

Read more »
Rapat Rutin Bulanan September 2021 Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren

MS_Blangkejeren | Selasa, 7 September 2021  bertempat di Ruang Sidang Mahkamah Syar’iyah Blangkeje

Read more »

BERITA BADILAG & MS ACEH

Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung ke-76 Secara Virtual

Kamis, 19 Agustus 2021 Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh  Mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung

Read more »
Ketua BP4 Kunjungi Badilag MA RI

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id Bertepatan hari selasa, tanggal 6 juli 2021 pukul 10.

Read more »
Ketua MA Lantik 7 Ketua Pengadilan Tinggi Agama

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof.D

Read more »
Dirjen Badilag Resmikan Inovasi PA Banyuwangi

Dirjen Badilag Resmikan Inovasi PA Banyuwangi Badilag, 1 juli 2021 Jakarta, Ka

Read more »
Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Serahkan Bantuan Kepada Tenaga Kontrak

Banda Aceh I ms-aceh.go.id Bertempat di aula Zainal Abidin lantai II, Ketua Mahkamah

Read more »
Sesosok T. Swandi Oleh Dimas Huzaifah, S.H

Beliau adalah anak bungsu dari delapan bersaudara.Lahir di Lawe Sigala-gala Aceh Tenggara

Read more »
Hakim Bermutu dengan Iman dan Ilmu | Oleh : Ahmad Zuhri, S.H.I., M.Sy (Hakim Pengadilan Agama Praya)

Hakim Bermutu dengan Iman dan Ilmu Oleh : Ahmad Zuhri, S.H.I., M.Sy (Hakim Pengadi

Read more »
Bagaimana Tata Cara Pengaduan ?

Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KM

Read more »
Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik

Read more »
Tata Cara Pendoman Pelayanan Informasi

Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Infor

Read more »

GALLERY KEGIATAN

APLIKASI PENDUKUNG

   

 

Ketua BP4 Kunjungi Badilag MA RI

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita Badilag

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Bertepatan hari selasa, tanggal 6 juli 2021 pukul 10.00 wib Ketua Umum BP4 Prof. KH. Nasaruddin Umar, MA., Ph.D beserta rombongan berkunjung ke Badilag dalam rangka silaturohim dan tukar informasi seputar perkembangan dan problematika umat di Indonesia saat ini, dalam acara tersebut disambut langsung oleh Dirjen Badilag MA RI Dr. Drs. H. Aco Nur , S.H., M.H. didampingi pejabat eselon II diantaranya Sesditjen Badilag MA RI Drs. H. Arief Hidayat, S.H., M.M., Diradmin Badilag MA RI Dr. Dra. Hj. Nur Djanah Syaf, S.H., M.H. dan Hakim Yustisial pada Badilag MA RI.

Dalam sambutannya Aco Nur menyampaikan rasa bersyukur atas kesempatan kali ini Ketua BP4 yang sekaligus sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta berkenan berkunjung ke Badilag dalam rangka untuk menjalin silaturohim . Sebelum memasuki ruang Badilag Command Center (BCC) KH.Nasaruddin Umar berkesempatan berkeliling diarea galeri Badilag yang berada di ruang tengah lantai 6, disela-sela mengelilingi galeri, Imam Besar yang familier dipanggil KH.Nasaruddin mengamati satu persatu benda bersejarah berdirinya serta perkembangan peradilan agama dari masa ke masa hingga saat ini yang berubah menjadi era tekhnologi mutakhir.

KH.Nasaruddin sangat senang melihat suatu Lembaga memiliki koleksi benda bersejarah yang tidak banyak orang peduli untuk generasi kedepan, sedangkan Badilag telah memiliki fasilitas tersebut yang bisa membantu dunia akademisi melakukan penelitian dan kajian.

Aco Nur menyampaikan perkembangan peradilan agama yang saat ini telah banyak melakukan berbagai inovasi dengan mengikuti laju perkembangan tekhnologi dengan tujuan memberikan pelayanan peradilan agama bagi pencari keadilan dengan penuh kemudahan serta Badilag juga melakukan Langkah-langkah kedepan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik Kerjasama dalam negeri maupun luar negeri.

IMG 2161

Saat ini peradilan agama telah memiliki tenaga handal dari para hakim mediator yang telah bersertifikat dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga persengketaan yang masuk diperadilan agama harus mmenempuh proses mediasi terlebih dahulu sesuai SEMA tentang Mediasi, imbuh Aco Nur. Jumlah perkara perceraian dimasa pandemic kali ini terjadi kenaikan dikarenakan banyak factor sebagai pemicu naiknya angka perceraian diwilayah Indonesia. BP4 sejak awal berdiri memiliki peran dalam melakukan penyuluhan , nasihat dan bimbingan kepada masyarakat demi mewujudkan ketahanan serta keutuhan rumah tangga, tegas KH.Nasaruddin Umar, sehingga saat ini diperlukan Langkah Bersama-sama untuk menekan lajunya perceraian umat Islam yang diajukan ke Pengadilan Agama, karena dengan menekan angka perceraian dan terselamatkan rumah tangga umat Islam maka in sya Allah bisa mengurangi angka kemiskinan.

Rencana kedepan pihak BP4 mengajak Badilag MA RI untuk bekerjasama dalam meningkatkan keberhasilan mediasi perkara perselisihan rumah tangga , yang mana permasalahan perceraian dari tahun ketahun yang meningkat menunjukkan pemahaman masyarakat terhadap agama semakin menurun, oleh karenanya diperlukan peran banyak pihak demi mewujudkan masyarakat tentram, damai dan agamis.

Di akhir sambutannya Aco Nur menegaskan bahwa Badilag sampai saat ini tidak berhenti berinovasi, melakukan berbagai terobosan dan kerjasama dengan berbagai lembaga baik dunia akademisi ataupun instansi lainnya dengan tujuan mewujudkan peradilan agama yang agung dan modern.(AJ)

Ketua MA Lantik 7 Ketua Pengadilan Tinggi Agama

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita Badilag

HUBL8283

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof.Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. melantik dan mengambil sumpah 7 Ketua Pengadilan Tinggi Agama di Ruang Kusumaatmadja Lantai 14 gedung Mahkamah Agung, Jumat (2/7/2021).

Ketujuh Ketua Pengadilan Tinggi Agama yang dilantik dan diambil sumpah yaitu ;

  1. .Zaini, S.H., M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang;
  2. Insyafli, M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu;
  3. Subuki, M.H.I., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara;
  4. .Mansur, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda;
  5. Imron Rosadi, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon;
  6. Agus Budiadji, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung;
  7. Sudirman, S.H., M.H., sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura

Pada saat yang sama, Ketua Mahkamah Agung juga melantik dan mengambil sumpah 2 Ketua Pengadilan Tinggi dan 3 Kepala Pengadilan Militer Tinggi,

Dalam sambutannya Prof. Syarifuddin menyampaikan bahwa jabatan bukanlah kekuasaan apalagi kesewenang-wenangan,Jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada publik, negara maupun kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

HUBL8324

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Prof. Syarifuddin juga berpesan agar dapat menerapkan SEMA Nomor 1 Tahun 2020 sampai dengan SEMA Nomor 9  Tahun 2020 Tentang pengaturan Jam Kerja Dalam Tatanan Normal Baru pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya, terutama bagi wilayah pengadilan yang masuk ke dalam zona merah.

HUBL8331

Untuk pengaturan lockdown,KMA menyampaikan bahwa kebijakan tersebut diserahkan kepada pimpinan pengadilan setelah berkoordinasi ke beberapa pihak terutama dengan pengadilan di atasnya. “Semua itu tentu dilakukan sebagai bagian ikhtiar kita menjaga kesehatan aparatur peradilan” katanya.

Pelantikan dihadiri secara virtual oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung  Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar, Para Hakim Agung dan Hakim Ad-Hoc, dan juga dihadiri secara langsung oleh Panitera dan Sekretaris Mahkamah Agung, serta Para Pejabat Eselon I pada Mahkamah Agung.

(AGS & H2)

Dirjen Badilag Resmikan Inovasi PA Banyuwangi

Ditulis oleh Super User. Posted in Berita Badilag

Dirjen Badilag Resmikan Inovasi PA Banyuwangi

Gambar1

Badilag, 1 juli 2021

Jakarta, Kamis tanggal 1 Juli 2021 bertempat di Badilag Command Center , pukul 10.00 WIB Dirjen Badilag MA RI Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., M.H. didampingi para pejabat Eselon II, III, Hakim Yustisial, meresmikan 12 Inovasi Pengadilan Agama Banyuwangi secara virtual.

Dalam sambutannya Aco Nur menyampaikan apresiasi kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Ketua Pengadilan Agama Banyuwangi yang tidak pernah merasa lelah berkarya dan mengabdikan dirinya kepada Pengadilan Agama meskipun usia tidak muda lagi serta semua pihak yang bekerjasama dalam mewujudkan inovasi aplikasi di Pengadilan Agama Banyuwangi, demi memberikan pelayanan excellent bagi pencari keadilan diwilayah yuridiksi PA Banyuwangi.

Inovasi Pengadilan Agama Banyuwangi yang diresmikan kali ini adalah sebagai berikut: 1. Aplikasi Asisten Virtual Perkara (SIVERA), 2. Sistem Anjungan Gugatan Mandiri ( SIAGUM), 3. Layanan Perubahan Status Kependudukan Langsung Pasca Cerai (LANDUNG PECARI)/Inovasi Non Aplikasi, 4. Aplikasi Pengaduan, Kritik dan Saran) ( SIKIRAN), 5. Blambangan Mobile Court / Inovasi Non Aplikasi, 6. The Six In One Programe/ Inovasi Non Aplikasi, 7. Aplikasi Aplikasi buku tamu on line (SIMULIN) , 8. Aplikasi E-Ruangan, 9. Aplikasi Digital Office (DIO OFFICE),10. Aplikasi Instrumen Elektronik ( SIMENIK), 11. Aplikasi Antrian Sidang ( SIANDON), 12. Aplikasi Validasi Akta Cerai ( SIDASI)

Aco Nur mengingatkan kepada seluruh warga peradilan agama bahwa tantangan pada dunia peradilan saat ini semakin berat, dengan berjalannya waktu dan berubahnya zaman yang penuh dengan teknologi ditambah dalam suasana pandemi Covid-19.

Gambar2

Suatu kewajiban yang mana peradilan agama harus mampu mewujudkan peradilan agama yang agung dan modern. Serta para aparatur peradilan agama juga dituntut harus tanggap terhadap kecanggihan teknologi saat ini, dan semua SDM yang ada harus kaya Ide, Gagasan, Inovasi dan saling bahu membahu, saling mendukung dalam mewujudkan peradilan agama berkelas dunia.

Modal besar harus dimiliki oleh seluruh aparatur peradilan agama untuk mewujudkan peradilan agama yang agung, modern, berkelas dunia, maka para Hakim dan aparatur peradilan agama harus memiliki 4 kreteria yaitu :

  1. Berilmu pengetahuan
  2. Berkemampuan teknis Yudisial yang kuat
  3. Berpengalaman
  4. Berintegeritas

Warga peradilan agama harus memahami VISI Peradilan Agama yang Modern diletakkan diatas dasar International Frame work For Court Excellent, kerangka ini merupakan kerangka pikir dan kerja untuk meningkatkan kinerja peradilan.

  • Ada 7 elemen penting dalam rangka mewujudkan pengadilan yang Excellent :
  1. Kepemimpinan
  2. Perencanaan dan Kebijakan
  3. Sumber Daya Pengadilan
  4. Proses Persidangan
  5. Kebutuhan dan Kepuasan Pengguna Pengadilan
  6. Akses ke Pengadilan
  7. Kepercayaan Publik

Kita harus berprinsip bahwa Peradilan Agama akan terus konsisten melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan posisi hukum dan kapasitas masyrakat marjinal untuk mendapatkan hak-haknya dalam masyarakat dan mendapatkan akses yang lebih luas dan leluasa terhadap pelayanan-pelayanan publik.

Seluruh warga peradilan agama harus bisa memahami dan melaksanakan kebijakan pimpinan diantaranya yang menjadi program prioritas Badan Peradilan Agama MA RI diantaranya :

1. 19 Aplikasi,

2. SIPP,

3.E-COURT,

4. APM,

5. ZI

serta memahami nilai nilai utama Mahkamah Agung RI: 1. Kemandirian, 2. Integeritas, 3. Kejujuran , 4. Akuntabilitas, 5. Responsibilitas, 6. Keterbukaan, 7. Ketidakberpihakkan, 8. Perlakuan yang sama di depan Hukum.

Akhir sambutan Aco Nur menyampaikan simpati atas kondisi yang dihadapi masyarakat kita yang selama ini yang masih mengalami kesulitan dalam pengurusan dokumen-dokumen hukum yang terkait Pengadilan Agama dikarenakan jarak dan waktu menuju ke Pengadilan Agama. Oleh karena itu Aco Nur bertekad mengajak semua pihak untuk mewujudkan peradilan agama yang agung, modern berbasis Teknologi. (aj)

UCAPAN SUKA DAN DUKA

LOKASI KANTOR